Sedikit Cerita Dibalik Behel :D



Jadi gini, kelas 8 SMP dulu sekitar tahun 2013-an disuruh orang tua buat pasang behel gigi karena kondisi gigi yang kaya kapal pecah (?) Pertamanya sih gamau ya, kalo diliat-liat kayanya risih gitu orang yang berbehel. Terus kok dari waktu ke waktu temen-temen sekelas banyak yang pasang behel, akhirnya aku pun mau ^0^.  Pokoknya pas itu ada sekitar 6 anak yang berbehel dikelas 8)

Pertamanya diajak ke tempat praktek dokter giginya, terus sebelum pasang behel harus cetak mal gigi(?) dulu.
Kaya gini nih jadinya kalo udah kering, tapi ini bukan punya ku wkwk ini cari di google. soalnya punyaku gatau kemana :'(

Tiga hari kemudian kalo ngga salah balik lagi dan yang ini beneran pasang behel. Dag dig dug gitu rasanya, soalnya beberapa temen bilang rasanya itu sakit banget.

Dan emang nggak salah apa yang mereka bilang, itu sakit banget. Ketika mau pasang behel kalian harus rela sekitar 2-4 gigi geraham kalian harus dicabut paksa :' guna untuk memberikan ruang yang lebih untuk gigi yang lain biar bisa di tata.  Tapi untungnya aku gaperlu cabut gigi, tapi cuma kaya diberi jarak antar gigi dari ujung ke ujung. Jadi di tiap sela-sela gigi itu giginya dipangkas *apasih bahasanya ya* kaya pake bur(?) gitu gatau deh apa namanya wkwk. Rasanya beneran itu sakit pake banget, dan lebih sakit daripada harus merelakan 4 gigi geraham dicabut. Bayangin aja deh semua gigi kalian di bur(?) itu ngilunya kerasa ampe ujung kaki :' dan seketika waktu pun berjalan sangat lambat. Sampe merem-melek karena sakit, beneran sakit pake banget. Terus akhirnya aku mencoba untuk membayangkan sesuatu yang menyenangkan untuk mengalihkan rasa sakit ini :' aku bayangin temen-temen yang lain aja bisa masa aku enggak sih gitu :v
Dan akhirnya selesailah pengeburan gigikuh ini, terus ke tahap berikutnya. Bentuknya kotak kecil ada pengaitnya (?) itu ditempeli di gigi fungsinya buat nyangga kawat yang bakal di sangkutin di gigi nah itu di taro di besi yang bentuknya kotak ini wkwk :v

Dan ini yang paling ditunggu-tunggu bagi semua rakyat berbehel. Pasang Karet.
 Karet pertama yang dulu aku pake itu bentuknya Mickey Mouse warna biru. Pertama pake itu bingung mau pake yang mana abis warnanya kan banyaaak banget, bentuknya pun macem-macem. Dari mickey mouse, hello kitty, bunga, chain, terus yang biasa dan lain-lain. Lama-lama bikin dilema loh ini beneran. Mau pake merah ntar dikira cabe nyangkut, mau pake yang bening/transparan baru dipake 3 hari ntar warnanya keruh abis dibuat makan soto/rawon :d . Jadilah selama aku pakai behel warna yang pernah aku pakai ga jauh-jauh dari biru, tosca, pink, ungu, biru, tosca, pink, ungu gitu terus :d pernah juga coba pake yg chain, bentuknya kaya rantai nyambung semua gitu dan itu sakit banget, ketarik terus rasanya lebih sakit dari yang karet biasa.

Setelah selesai dengan berbagai ritual pemasangan behel. Akupun pulang. Dokter sempat berpesan ntar pasti bakal sakit, apalagi kalo makan, ntar kalo sakitnya ga ketahan minum obat pereda nyeri, gitu katanya. Pas sampe rumah rasanya masih oke-oke aja nih gigi, masih merdeka deh buat makan apa aja. Etapi besok paginya, and i realized something :'( yang semalem adalah terakhir bisa makan dengan merdeka bener-bener terakhir. Pagi harinya rasa di gigi itu sakit banget, linu kemana-kemana, apa lagi ga sengaja kena lidah, itu sakit banget, buat sikat gigi sakit banget, boro-boro buat makan, buat ngomong aja sakit. Disekolah pun diem aja karena ga mau ngomong karena itu sakit, makan juga engga, minum pun pake sedotan dan itu pelan-pelan banget. Alhasil dalam seminggu berat badan turun 2 kilo. Temen-temen pada bilang "ih enak nih kayanya pake behel ,, seminggu langsung turun 2 kilo" . Enak gimana :' mau makan giginya sakit banget , nggak enak tau.

Waktu pun terus berjalan dari hari ke bulan bahkan ke tahun. Cobaan-cobaan pun datang silih berganti :d mulai dari sariawan yang rutin menemaniku setiap bulannya, terus kawat yang jadi lebih panjang karena gigi udah rada mundur, jadinya kawatnya kena pipi bagian dalem dan menciptakan sebuah sariawan nan panjang bentuknya kaya kawat.  Pas makan behelnya lepas pun pernah, sering malah. Ya begitulah suka dukanya berbehel.

Kelas 2 SMA , tepatnya beberapa hari yang lalu akhirnya aku memutuskan untuk mengakhiri ini semua (?) aku berniat melepas behel yang kurang lebih sudah 3 tahun bersama. "Best Partner in life" wkwk :v Rasanya tuh udah kaya jadi ciri khas aku, ketika orang liat aku itu pasti "oh dia yang pake behel itu" imejnya behel itu udah melekat sama aku dan mau dilepas itu rasanya agak gimana gitu.
Juga takut ntar kalo muka jadi aneh, soalnya ada temen habis lepas behel muka dia kaya keledai di film Shrek itu, pada taukan wkwk. Awalnya ragu lepas engga ya lepas engga, tapi kata dokter udah waktunya dilepas yaudah deh nurut aja.

Pas dilepas rasanya aneh banget bener-bener aneh, kaya gigi itu telanjang rasanya (?) rasanya licin-licin gimana gitu, kaya ada yang ilang. Masih belum biasa dengan kondisi yang baru (tanpa behel) jadi masih gimana gitu. Terus kadang kalo abis makan masi suka kebawa pas masih behelan dulu kan suka bersihin kalo ada yang nyangkut di behel pake lidah gitu.

Dan perjuangan tidak berhenti sampai sini. Bukan berarti begitu behel dilepas berarti udah selesai gitu aja, enggak. Kita harus pakai yang namanya retainer. Itu kaya behel pasangan / sementara, bisa dilepas kapan aja. Fungsinya buat mempertahanin gigi, soalnya gigi itu kan masih gerak, dan saraf yang ada itu mendorong gigi untuk balik ketempat yang semula. Dikhawatirkan ntar giginya balik kaya di awal sebelum pake behel, jadi diharuskan pakai retainer. Kalau nggak pake juga nggak papa sebenernya terserah sama kebijakan dokter kalian, tapi disarankan pakai aja biar nanti kalau apa-apa dari pada harus perawatan / pasang behel (lagi).




Kaya gitu retainernya, ada yang transparan ada yang kaya gusi dari plastik terus ada kawat. Yang transparan itu lebih mahal bisa sampai 900 ribu lebih kayanya. Dan rasanya pakai retainer itu ya nggak bisa dibilang enak juga sih, kalo ada yang bilang 'beauty is pain' dan itu emang bener. Cuman buat nata gigi aja sakitnya kaya gitu dan waktu yang dibutuhkan ngga cuma sebentar tapi bertahun-tahun :' udah kalo lepas harus pake retainer pula wkwk. Sabar aja bagi kaum yang pake behel yah.

Terus kalau buat yang mau gaya-gayaan mending nggak usah deh. Ini menyiksa :' beneran, kalian malah pengen dibilang 'keren' gitu kalo pakai? padahal kan kalau orang pake behel berarti gigi dia nggak rapi, tapi kenapa kalian malah pengen, berbahagialah yang tidak memerlukan behel berarti gigi kalian udah bagus itu, tapi yang kembali ke kalian sendiri mau gimana sih, kalo mau ya coba aja :v

Jadi ini sedikit cerita tentang gimana rasanya behelan :d
terimakasih yang sudah membaca :))